Film-Indonesia-yang-diakui-dunia-dan-internasional-bikin-bangga

Film Indonesia yang diakui dunia dan internasional, bikin bangga!

Apa pendapat Anda tentang film Indonesia? Meski prestasinya tidak bisa dibandingkan dengan film-film Barat, namun harus diakui ada juga film-film Indonesia yang berhasil mendunia dan mendunia.

Film Indonesia yang diakui dunia dan internasional, bikin bangga!

Ya, seiring berjalannya waktu, industri film Indonesia juga berkembang. Bukan hanya dari segi penggunaan teknologi, tapi juga dari segi fotografi dan jalan cerita di film-film Indonesia semakin bagus, lho.

Alhasil, ada beberapa film anak tanah air yang merambah festival bergengsi internasional dan mendapat berbagai pengakuan di pentas dunia.

Lantas film Indonesia mana yang sukses mendunia? Berikut daftar lengkapnya, geng. Tonton sampai habis, ya!

DAFTAR ISI

Keheningan (2014)
Rumah Dara (2009)
Pasukan Pelangi (2008)
Marlina si pembunuh dalam empat babak (2017)
The Heist: Penjahat (2014)
Rekomendasi Film Indonesia Sedunia, Semua Berkualitas!

Daftar Film Indonesia Sedunia (Update 2021)

  1. Diam (2014)

Di daftar pertama ada film berjudul Silent, Gang. Berjudul internasional The Look of Silence, film ini dinominasikan untuk Oscar untuk Film Dokumenter Terbaik.

Meski pada akhirnya tidak membawa pulang Oscar, prestasi Senyap bisa dibilang mengharumkan nama sineas Indonesia di kancah internasional.

Pasalnya, Senyap juga telah meraih sejumlah penghargaan, antara lain Berlin International Film Festival, Busan International Film Festival, Spirits Award dan total tak kurang dari 70 penghargaan dunia lainnya.

Senyap sendiri merupakan sekuel dari film Jagal (The Act of Killing) yang bercerita tentang perjalanan Adi Rukun mengunjungi para algojo yang membantai orang yang diyakini sebagai PKI.
judul diam
Tayang 13 November 2014
Durasi 1 jam 43 menit
Produksi Yayasan Britdoc
Sutradara Joshua Oppenheimer
Dibintangi oleh Adi Rukun, MY Basrun, Amir Hasan, Inong
Genre dokumenter, sejarah, biografi
Peringkat 8.3/10 (IMDb.com)

  1. Rumah Dara (2009)

Indonesia nggak cuma jago bikin film horor hantu lho. Film berjudul Rumah Dara yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel ini sukses menunjukkan kualitas sineas Indonesia dalam memproduksi film-film slasher.

Rumah Dara adalah salah satu film Indonesia terpopuler di dunia karena telah diputar di sejumlah festival seperti Puchon International Fantastic Film Festival, Fantastic Fest di Amerika Serikat dan Fantastic Film di Jerman.

Selain itu, film ini juga dirilis di beberapa negara seperti Swedia, Prancis, Jepang dan Belanda. Itu bagus, bukan?

Dara’s House yang dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle menceritakan tentang sekelompok anak muda yang terjebak di rumah seorang wanita misterius bernama Dara.
Judul rumah Dara
Tayang 13 November 2009
Durasi 1 jam 35 menit
Red Production, Gorylah Pictures
Sutradara Kimo Stamboel, Timo Tjahtjanto
Dibintangi oleh Shareefa Daanish, Julie Estelle, Ario Bayu
Genre Drama, Horor, Thriller
Peringkat 6.5/10 (IMDb.com)

  1. Laskar Pelangi (2008)

Siapa yang tidak tahu, salah satu film Indonesia terbaik sepanjang masa? Ya, Laskar Pelangi tidak hanya dihargai di dalam negeri, tetapi juga di kancah perfilman internasional.

Apalagi, Laskar Pelangi dianugerahi The Golden International Film pada Festival Film Internasional untuk Anak dan Dewasa Muda di Hamedan, Iran.

Selain itu, Laskar Pelangi juga sukses diputar di Festival Film Asia Barcelona 2009, Festival Film Internasional Singapura 2009, dan Festival Film Asia Pasifik Los Angeles 2009.

Bahkan Laskar Pelangi dinominasikan untuk Film Terbaik di Festival Film Internasional Berlin 2009 dan Editor Terbaik di Film Asia 2009 di Hong Kong.

Selain memiliki alur cerita yang dalam dan bermakna, film arahan sutradara Riri Riza ini juga sukses mendunia karena pengambilan gambarnya di Belitung dengan pantainya yang indah.
Judul Laskar Pelangi
Ditayangkan 25 September 2008
Durasi 2 jam 4 menit
Produksi Film Miles, Produksi Mizan
Sutradara Riri Riza
Pemeran Cut Mini, Zufanny, Rieke Diah Pitaloka, Mathias Muchus
Genre Drama, Keluarga
Peringkat 7.8/10 (IMDb.com)

  1. Marlina Sang Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Film Indonesia mendunia selanjutnya adalah Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak yang rilis pada tahun 2017. Sebenarnya film ini sudah memiliki daya tarik tersendiri dari penamaan judul Gang.

Film yang dibintangi aktris ternama Marsha Timothy ini setidaknya berhasil memenangkan 10 dari 15 kategori di Festival Film Indonesia 2018, lho.

Tak hanya itu, di tingkat internasional, film ini berhasil meraih penghargaan

Sumber :

moviekece.com
film eternals

Leave a Reply

Your email address will not be published.